Mar 29, 2019

Workshop Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian





Dosen Universitas Panca Marga Probolinggo mendapat kesempatan menghadiri undangan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah VII dan Universitas Muhammadiyah Malang dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian pada tanggal 26-27 Maret 2019. Acara ini dilaksanakan dua hari di Hotel Savana Kota Malang yang dihadiri oleh 50 Perguruan Tinggi di Wilayah VII. 

Acara dibuka oleh sambutan dari Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. kemudian dilanjutkan oleh Kepala Subdit Peningkatan Kapasitas Riset DRPM Kemenristekdikti  Dr.Ir. Mustangimah, M.Si. Para Narasumber selaku reviewer Workshop terdiri dari  Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng,  Prof.Dr. Agoes Sugianto,  Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, M.Eng. , dan  Prof.Dr. Drajat., M.Si.   

Workshop dengan tajuk Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian  ini merupakan bentuk upaya DRPM dan Kemenristekdikti dalam meningkatkan dan memberikan spirit serta semangat penelitian bagi Dosen. Disamping itu, Workshop ini memberikan pemahaman tentang Reserach Catagory diantaranya; Penelitian Dasar, Penelitian Terapan, dan Penelitian Peningkatan Kapasitas dimana dalam kategori tersebut terbagi menjadi beberapa scheme. Salah satunya Reserach Catagory Penelitian Peningkatan Kapasitas terdiri dari scheme Penelitian Dosen Pemula (PDP), Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT), Penelitian Tim Pascasarjana (PTP), Penelitian Disertasi Doktor (PDD), Penelitian Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMSDU), dan Penelitian Pascadoktor (PPD). Begitu pula untuk kategori Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan yang juga memiliki scheme cukup berbeda. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar para Dosen mampu mengembangkan dan meningkatkan kapasitas penelitiannya dari scheme tersebut. Inti materi berupa sharing mengenai isi proposal penelitian peserta Workshop yang didiskusikan bersama reviewer yang berkompeten. Pemateri juga memberikan kiat-kiat dan prosedur cara penulisan proposal yang tepat sesuai dengan template terbaru .

Materi workshop tersebut antara lain :